Rabu, 17 Juli 2013

Laporan Pertanggungjawaban Pelantikan HMJ BDP


A.    PENDAHULUAN
Sejak lama, pemikiran mahasiswa sudah dianggap penting. Bentuk protes kritis, dan inovasi baru banyak lahir dari bentuk-bentuk organisasi kepemudaan. Tidak ketinggalan juga bentuk pengabdian mereka kepada negara dengan menciptakan inovasi baru dan ide – ide menarik, yang lahir dari kekurangan dilingkungan sekitar. Salah satunya adalah bentuk kewirausahaan. Perlu dilakukan perubahan pandangan yang selama ini salah dan sudah berakar dalam pemikiran kaum muda. Bahwasannya, bekerja tidaklah harus menjadi pegawai. Melalui kegitan ini pula benih-benih semangat kewirausahaan disebarkan kepada mahasiswa yang subur dengan semangat muda yang selalu haus akan tantangan. Besar harapan kami semua ini akan menuai suatu perubahan yang berarti nantinya.
Dalam usaha mengubah pola pikir mahasiswa menjadi lebih terbuka dan dinamis, panitia pelaksana pelantikan dan seminar kewirausahaan HMJ Budidaya Pertanian berusaha menjadi fasilitator yang baik guna merintis langkah-langkah pergerakan berikutnya dari organisasi ini.

B.     LATAR BELAKANG
Himpunan Mahasiswa Jurusan sebagai tempat berhimpunnya mahasiswa yang nantinya akan menjadi penerus bangsa tidaklah semata-mata hanya sebuah bangunan formalitas yang selalu ada dalam lingkup kemahasiswaan. Tapi juga sebagai wadah menimba ilmu dan pengalaman yang tidak didapatkan dalam perkuliahan. Salah satu falsafah hidup yang kurang dikuasai mahasiswa adalah berwirausaha. Minimnya paham dan minat mahasiswa dalam berwirausaha menjadi halangan dalam mewujudkan generasi lepasan sarjana yang inovatif dan berkarakter dimasyarakat. Melalui seminar kewirausahaan ini diharapkan sedikit banyak dapat menyentuh  semangat - semangat berwirausaha yang selama ini berdormansi dalam jiwa mahasiswa. Menjadi penyulut api semangat baru, dan memperluas sudut pandang mereka dalam berwirausaha.

C.    LANDASAN KEGIATAN

1.         AD/ART HMJ-BDP Fakultas Pertanian di Palangka Raya.
2.         Surat Keputusan Dewan Pengurus HMJ BDP Nomor: 002/KTSP/HMJ-BDP/I/2013  tentang  Panitia Pelaksana Himpunan Mahasiswa Jurusan BDP tahun 2013.
3.         Hasil Rapat Koordinasi yang dilakukan Dewan Pengurus HMJ-BDP dan Panitia Pelaksana Pelantikan Pengurus HMJ-BDP 2013.

D.    TUJUAN KEGIATAN

1.      Membentuk kepengurusan HMJ yang kompeten.
2.      Membangkitkan semangat berwirausaha mahasiswa.

E.     Sasaran Kegiatan

Peserta kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa aktif Jurusan Budidaya Pertanian.


F.     TEMA KEGIATAN

Dalam kegiatan ini tema yang diangkat adalah “Bersama Semangat Baru HMJ Mewujudkan Pribadi Mahasiswa Yang Cerdas, Tangkas dan Berwawasan”.

G.    PELAKSANAAN KEGIATAN

Hari/Tanggal               : Selasa, 2 Juli 2013
Pukul                           : 09.00-12.00 WIB
Tempat                        : Gedung Kuliah PSAL Universitas Palangka Raya

H.    HAMBATAN DAN EVALUASI

1.    Hambatan
Dalam pelaksanaannya acara ini tidak luput dari berbagai hambatan, diantaranya adalah waktu persiapan yang cenderung sangat singkat, sehingga tidak mampu memaksimalkan kinerja seluruh kepanitiaan acara ini, serta dukungan materi yang tidak mampu mencukupi anggaran yang sudah rencanakan, selain itu juga panitia cukup kesulitan menghimpun peserta dari mahasiswa BDP sendiri, karena jadwal perkuliahan aktif yang sudah berakhir.
2.    Evaluasi
Harapan pada kegiatan HMJ-BDP selanjutnya, perlu perencanaan yang lebih matang jauh hari sebelum kegiatan dilaksanakan, termasuk dalam penggalangan dana untuk pelaksanaan acara, dan perkiraan waktu pengundangan acara yang tepat untuk mahasiswa HMJ sebagai sasaran kegiatan

I.       PENUTUP

Berkat Rahmat Tuhan Yang Maha Esa kegiatan Pelantikan Pengurus HMJ-BDP 2013/2014 dan seminar kewirausahaan dapat berjalan dengan lancar walaupun memiliki berbagai kekurangan dalam pelaksanaannya. Harapan kami kegiatan ini mampu menjadi pijakan kuat untuk kepengurusan baru dalam memulai visi dan misinya untuk membangun HMJ yang lebih baik, dan menjadikannya sebagai wadah  aspirasi cemerlang keseluruhan mahasiswa BDP.
Segala bentuk aspirasi dan dukungan dari banyak pihak berandil besar dalam keberhasilan pelaksanaan acara ini. Diniati dengan tulus, semoga HMJ mampu menjadi jembatan silahturahmi dan wadah menghimpun ekspresi positif dari seluruh mahasiswa Jurusan Budidaya Pertanian. 
PANITIA PELAKSANA
PELANTIKAN HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN
BUDIDAYA PERTANIAN
&
SEMINAR KEWIRAUSAHAAN
SARIF
Ketua Panitia
INDA SUSILA
Sekretaris

MENGETAHUI,

KETUA HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN
BUDIDAYA PERTANIAN


SUPRIYADI
Ketua Umum



MANUAL ACARA
PELANTIKAN PENGURUS HMJ-BDP 2013
&
SEMINAR KEWIRAUSAHAAN

Pelaksanaan                 : Selasa, 2 Juli 2013
Tempat                        : Gedung kuliah PSAL Universitas Palangka Raya

WAKTU
AGENDA
PJ
08.00 – 09.00
Check Peserta
PANITIA
09.00 – 10.40
Pembukaan
·         Menyanyikan lagu Indonesia Raya
·         Doa
·         Laporan Ketua Panitia
·         Sambutan Ketua HMJ 2012-2013 diikuti serah terima jabatan
·         Sambutan Ketua HMJ 2013-2014
·         Sambutan Dekan Fakultas Pertanian
·         Sambutan Ketua Jurusan BDP selaku dewan pelindung HMJ dan sekaligus melantik Dewan Pengurus HMJ 2013-2014

Ybs
10.4011.00
ISHOMA
PANITIA
11.00 – 12.00
Seminar kewirausahaan
Narasumber
12.00
PENUTUP
PANITIA



Lampiran II
SUSUNAN PANITIA PELAKSANA
PELANTIKAN HMJ-BDP 2013/2014 DAN SEMINAR KEWIRAUSAHAAN

Ketua                          : Sarif
Sekretaris                   : Inda Susila
Bendahara                 : Dian Pertiwi

SEKSI ACARA       
Koordinator                : Kana  Miati
Ratna Pramuditya Dewi
Imam Nugroho
Hermanto

SEKSI USAHA DANA
Koordinator                : Rengki
Rudiansyah

SEKSI PD2-L (Publikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi – Perlengkapan)
Koordinator                : Ikin Catur Setiadi
Doni
Yeprin
Pandu Winarto

SEKSI KONSUMSI 
Koordinator                : Siti Nordini
Elisa Magdalena
Yesika Supriani
Rabiatul adawiyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar